UPGRADE PERFORMA CBR150; Modal Rp. 47 ribu; CBR jadi lebih kenceng !

Ngencengin cbr adalah mudah…klo ada dananya hehe. Tinggal sambangi bengkel bonafid..pesen suruh ngencengin…motor beres….bayar…langsung ngebut…hehe.
Tapi klo ngencengin cbr dengan modal kurang dari 50rb….bengkel mana yang sanggup terima tantangannya? Palingan juga cuman dapet servis kecil.

Nah…berikut adalah tip trik ngencengin CBR dengan modal 47rb aja…dijamin lebih ngacir ampe 10% dari kondisi standar.

1. Copot bagian karet di moncong filter udara. Biaya Rp. 0.

Caranya bos semua harus lepas tangki cbr-nya, trus agar memudahkan mencopot moncong karetnya lebih baik bok filter dilepas dulu. Setelah itu baru deh diperkosa buat nglepas moncing karetnya…hehe..emang rada susah..tapi bisa dilakukaan. Caranya satu tangan menarik dan tangan yang lain mendorong dari arah sebaliknya. Dengan ngelepas moncong karet ini supply udara dapat ditingkatn sebesar …….% …hehe..sorry natar saya ukur dan hitung dulu..:) blum sempat euy…klo dah berhasil dicopot, silahkan pasang lagi box filter tersebut lengkap dengan filternya ke tempat semula.

Moncong karbu yang harus dilepas

2. Naikin pilot jet pake ukuran 42, dan seting ulang udaranya. Biaya Rp. 35.000.

Untuk mengimbangai jumlah debit udara yang meningkat kaerna moncong filter udara dah dilepas maka silahkan naikan ukuran pilot jet ke angka 42. sebagai informasi, CBR lama ukuran PJ standarnya adalah 38 klo yang baru (klo ga salah mulai 2007) ukuran Pjnya dah 40. harga PJ klo merek Extrme 30rb, klo merek Ori (kata yg jual..yg ada lambang huruf K logo Keihin) harganya 35rbu…ni patokan harga berdasarkan harga beli gw di AL Yamin. Saran pake merek K tersebut. Karena klo misalnya pake Kitaco (25rbuan) beberapa bilang ukurannya lebih kecil dari yg ori.

Klo dah beli, langsung aja pasang…asumsi saya bro semua sudah jago oprek motor jadi bisa bongkar pasang karbu sendiri….hehe…Tapi klo mo tau caarnya..okelah klo begitu….sekalaian tadi nyopot box filter udara..maka lepas juga karbunya dengan cara ngendorin klem yang di intake manifold..trus tinggal cabut karbunya ..trus balikin dan buka mangkuk karbunga dengan caa ngelepas keempat bautnya…trus copot PJ-nya trus pasang PJ yang baru…tutup lagi mangkuk karbunya dan pasang bautnya…kelar deh…ganmpang kan?!


3. Potong kabel koil sepanjang 3 cm. Biaya Rp. 0.

Dengan langkah nomor 1 dan 2 diatas berarti sudah menaikkan jumlah cambupran bahan bakar dan udara..sekarang langkah untuk menaikkan percikan api busi. Caranya dengan memotong kabel busi. Dengan memotong kabel busi sekitar 3 ampe 4 cm berarti mengurangi nilai resistansi kabel busi sekitar 25%…mantab kan?!

Caranya silahkan lepas dulu fairing kirikanan, trus lepas radiator, trus lepas cop busi dari kabelnya…caranya dengan diputar berlawanan arah jarum jam…ingat jangan asal dibetot aja..karena kabel tersebut nge-drat jadi klo dipaksa dibetot aja bakalan ngrusak kabelnya. Klo dah dilepas silahkan dipotong sekitar 3 ato 4 cm…ingat harus dipastikan kabel tersbut panjangnya masih bisa menjangkau ke busi klo ntar dipasang lagi.

Setelah itu pasang kabelnya ke cop busi lagi dengan jara ditusuk dan diputar searah jarum jam higga kenceng dan nge-drat. Trus pasang lagi. ..e ehh..jangan dipasang dulu ding. Lanjutkan ke nomor 4 dulu… J

4. Bikin ground strap di kabel busi. Biaya Rp. 7.000.

Ground strap adalah semacam lilitan dikabel busi yang berfungsi untuk menangkap frekuensi liar yang terbentuk disekeliling kabel karena voltasi dan arus yang tinggi yang disalurkan dari koil ke busi. Dengan adanya ground strap ini maka arus ke busi akan fokus dan dapat menciptkan percik api yang maksimal. Koil kompetisi yang dah menmakai teknologi ini natara lain Nology (siapakan dana ampir 2 juta klo mo beli) ada juga Protec (sipakan dana hampir 400 rbu klo mo tebus)….nah klo sampeyan kratif cukup bikin sendiri ground strap tersebut dengan modal 7 ribu perak…hehe.

Silahkan beli kabel tembaga ukuran diameter 0,5 mm satu meter aja..klo ga slah harganya ya 7 ribu….belinya di toko elektronik. Trus silahkan dililitkan ke kabel busi mulai dari yang paling deket cop busi ampe ke yang deket koil. Di ujungnya sisakan kabelnya agar bisa dihubungkan ke ground mesin dan ke baut pegangan koil (agar nge-ground). Lilitannya silahkan dibungkus dengan elotip tahana panas. Ni gambarnya dari forum sebelah…hehe…Setelah beres baru pasang kembali kabel busi ke copnya.



5. Atur ulang celah busi jadi 1mm (pastikan kondisi busi masih baik). Biaya Rp. 0.

Agar percikan api maksimal maka busi harus dipastikan sehat wal andong….hehe…asumsi saya busi bos sekalian masi OK jadi ga perlu beli, jadi biaya Rp. 0…tinggal atur ulang celahnya sebesar 1 mm. Silahkan gunakan alat yang presisi. Pinjem ke bengkel klo ga punya. Klo mo pinjem punya saya juga boleh…..silahkan datang…hihihi…


6. Pasang per di kabel kopling. Biaya 5.000.

Sekarang kita ulik perangkat pemghantar daya mesin yaitu sistem transmini..cie..cie…! per ko[limg CBR menurut saya sudah pas ..ga terlalu lembek dan ga terlalu keras….istilanya ”kenyel-kemyel maknyusss”…hehehe. Namun demikian ada sebagian daya per ini yang termakan untuk melawan gaya gesek kabel kopling saat kopling dilepas…ya ga gitu besar siy palinga  cuman 3 ato 4% daya per aja…tapi klo kehilangan gaya pegas ini kita hilangkan maka tentunya reaksi juga akan bertambah 3 ato 4% juga…bukan begitu bukan?!
  
Nah caranya adalah dengan memasang per diujung kabel kopling di deket bak mesin. Pernya pake yang biasa dipake buat rem tromol belakang motor bebek. Heragnya 5rbu perak. Pilih yang diameternya ga terlalu gede,,,,dan cukup panjang. Dengan pasang per ini maka gaya gesek kabel kopling akan hilang sehingga daya per kopling akan bener2 dipakai buat menekan kampasnya. Klo bingung natar saya psang gambarnya deh…hehe…blum sempet di poto, Gan.

Seting tahap akhir.
Setelah semua langkah tersebut dilakukan silahkan nayalakan motor dan setel ulang setelan angin karbunya. Caranya. Dalam kondisi mesin nayla, putar setelan udara karbu searah jarum jam (menutup) ampe mentok….jaga jangan sampai mesin mati dengan menahan gas. Putar gas ampe RPM 3.000, trus putar setelan udara ke kiri berlwanan jarum jam (membuka) sampai mesin mulai menjerit ke putaran tertinggi…nah itulah setelan yang udah pas.

Nah, itulah tip murah buat optimalkan performa CBR 150R kita….dijamin tenaga lebih padet, larinya juga lebih enak…hehe

Selamat mencoba.

0 komentar: