Upgrade Performa Satria FU150 : Tenaga Naik Hampir 5 DK



Maklum, pengalaman bertahun-tahun mengoprek besutan drag bike dan road race membuat mekanik asal Tegal, Jateng ini tak banyak mengalami kendala untuk menaikkan performa Satria FU. “Apalagi riset dilakukan tak lama setelah kehadirannya,” terang mekanik berbadan subur ini.

Apa saja yang digarap sehingga saat dites pakai dynometer Dyno*jet 250i milik Sportisi Motorsport, tenaga bisa mencapai 18,81 dk. Artinya naik hampir 5 dk dibanding standarnya yang hanya sekitar 14 dk. Wowww...!



Blok dan Kepala Silinder

Dibore-up pakai piston Yamaha Scorpio standar (70 mm) sehingga volumenya kini mencapai 187,7 cc. “Muka piston perlu dibuatkan 4 coakan agar tak membentur klep,” terangnya. Sedang kepala silinder diporting dan polish agar laju bahan bakar dan udara lebih lancar.

Noken As

Agar bahan bakar yang masuk lebih banyak, angkatan noken as dibikin lebih tinggi. “Pantatnya dibubut 1 mm, penyesuaiannya mesti bikin shim custom dari mata bor, karena cari yang tebal susah,” ujar pria yang bengkelnya di Jl. Layur No.43, Pulo Gadung, Jaktim. Sayang durasi buka-tutup tak diukur.

Knalpot

Mengejar aliran gas buang lebih plong namun suara tetap standar, leher asli diganti produk aftermarket merek Kawahara yang diameternya lebih besar. Sedang silencer dibobok. “Lari kencang namun aman dari polisi akibat vonis polusi suara.”

CDI dan Koil

Sebagai otak pengapian dan pelipat ganda tegangan listrik, perlu dipilih yang berkemampuan lebih tinggi agar bahan bakar yang masuk terbakar tuntas. “CDI pakai buatan Thailand, limiter lebih tinggi namun kurva pengapian masih nyaman untuk harian.”

0 komentar: